Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja - Surat lamarang kerja tentu sangat berpengaruh pada peluang kita untuk diterima kerja pada perusahaan. Kita harus membuat surat lamaran kerja yang baik agar bisa menarik perhatian perusahaan yang dimaksud. Bagi anda yang sedang mencari pekerjaan, kami akan membantu anda dengan memberikan Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja |
Tips menulis surat lamaran kerja
- Membuat surat lamaran kerja menggunakan komputer atau mesin tik memang jauh lebih bagus dan rapi. Namun sebaik-baiknya surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat atau ditulis dengan tangan Anda sendiri. Percayalah!!!
- Gunakan bahasa serta penulisan yang baik, padat dan berisi. Selain itu Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh dalam penilaian penguji terhadap kepribadian Anda.
- Buatlah surat lamaran kerja yang lengkap. Lengkap dalam hal ini berarti seluruh persyaratan yang diminta oleh perusahaan tempat dimana Anda melamar kerja sudah Anda penuhi. Biasanya surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas Photo ukuran 4x6, foto copy sertifikat/khursus, foto copy bukti pengalaman kerja, daftar riwayat hidup/CV, dll.
- Tunjukan kelebihan yang Anda miliki dalam surat tersebut. Jangan terlalu over/berlebihan saat Anda menunjukkan kelebihan yang Anda miliki, dengan begitu Anda akan terkesan sombong tunjukkan kelebihan Anda dengan sewajarnya saja. Anda pasti tahu bagaimana cara menjadi orang yang sederhana tapi berilmu.
Untuk melengkapi, berikut ini ada sebuah format contoh surat lamaran kerja sebagai referensi untuk anda :
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,....
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. ........
Jl. .... No. ......
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. ...... yang termuat di harian Republika tanggal ........... Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. .........
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ......................................
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Word, Excel, Acces, PowerPoint, OutLook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga mempunyai sertifikat internet dari Google inc.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi yang saya miliki.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
(Nama Anda)
Itulah Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja. Dengan menyimak ulasan di atas, diharapkan anda bisa membuat surat lamaran kerja secara mandiri agar segera bisa melamar pekerjaan pada perusahaan yang dimaksud. Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar